Categories
Uncategorized

Hadeging Desa Wijirejo; Berkumpulnya perbedaan dalam kebudayaan

Kemarin, 2 November 2017, secara tidak sengaja seorang teman mengabari kalau ada acara kirab budaya dalam rangka hari jadi Desa Wijirejo. Dalam bahasa Jawa, masyarakat menyebutnya Hadeging Desa, ya semacam hari lahir atau hari diproklamirkanya sebuah tempat yang dalam hal ini adalah Desa Wijirejo. Desa ini ya ada andil di hidup saya la wong simbah wedok saya berasal dari sini. Kalau njenengan mau tahu di mana Desa Wijirejo tersebut, anda dapat mengetahuinya dari beberapa kata yang saya akan sebutkan ini. Batik. Pandak. Bantul. Dirjo Sugito. Yak, betul. Lokasinya di Bantul dan memang sentra batik. Salah satu yang terkenal ya Batik Bu Dirjo.

Sejumlah 10 Dusun ikut memeriahkan acara tersebut dan kabarnya, rangkaian acaranya akan berakhir hari Sabtu besok dengan perhelatan wayang. Beberapa malam sebelumnya diadkan festival ketoprak antar Dusun dan balai desa diadakan juga WIjirejo Expo, jadinya hamper 24 jam selama kurang lebih seminggu ini balai desa ramai. Masyarakat berkumpul menyaksikan hiburan dan aneka ragam olahan maupun kerajinan yang dipamerkan.

Kemarin, 10 Dusun di Desa Wijirejo menampilkan keanekaragaman hal di dusun mereka, bahkan beberapa menampilkan potensi yang ada di desa mereka. Sebut saja di desa Pedak yang banyak sekali pengrajin batiknya. Mereka menampilkan juga parade prajurit keraton, kebanyakan lombok abang, sekaligus juga memamerkan hasil kerajinan batiknya. Bagi beberapa desa yang di tempatnya terdapat sekolah, mereka juga menampilkan beberapa prestasi dari sekolah tersebut. Diantaranya juara pencak silat, drum-band, baris berbaris, dll.

Bapak dukuh dari setiap pedukuhan yang mengikuti kirab kemarin hamper bisa dikatakn semua ikut. Bahkan, Rt pun ikut dalam pawai kemarin. Semua warga seakan lupa akan hutangnya di hari kemarin. Haha 😀

Beberapa foto di bawah ini semoga bisa menjadi pelengkap imajinasi njenengan akan ramainya acara kemarin. Nuwun.

 

DSCN0002DSCN0005DSCN0007DSCN0017DSCN0024DSCN0035DSCN0059DSCN0062DSCN0087DSCN0111

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *